Cara menghilangkan jerawat dalam waktu semalam

Tentu Anda memahami perasaan ketika bangun tidur dan menatap diri di cermin, kemudian menemukan sebuah tonjolan kecil merah yang meradang, yang tidak ada pada malam sebelumnya. Anda dapat memilih untuk membiarkannya begitu saja dan menikmati hidup tanpa memedulikannya, atau Anda juga dapat mengambil tindakan untuk menanganinya dan berusaha untuk mencegah jerawat lain untuk muncul. Ketika Anda berada pada kondisi darurat dan perlu meminimalkan jerawat secepat mungkin, cobalah beberapa langkah di bawah ini.


Bagian 1 dari 3: Mengobati Jerawat



1
Cobalah benzoil peroksida. Benzoil peroksida membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat. Benzoil peroksida dikemas dengan konsentrasi yang berbeda-beda, tetapi benzoil peroksida dengan konsentrasi 2,5% memiliki manfaat yang sama dengan benzoil peroksida dengan konsentrasi 5 hingga 10%, dan itu karena konsentrasi yang lebih rendah menyebabkan iritasi yang lebih ringan pada kulit.[1] Benzoil peroksida juga mengupas lapisan kulit mati, sehingga kulit yang cerah dan muda akan tampak.



2
Gunakan asam salisilat. Seperti benzoil peroksida, asam salisilat membunuh bakteri penyebab pertumbuhan jerawat. Asam salisilat juga bermanfaat untuk menggugurkan sel kulit dengan lebih cepat, sehingga pertumbuhan kulit baru akan berjalan dengan lebih cepat. Oleskan sedikit asam salisilat pada tempat-tempat munculnya jerawat. Lakukan setelah Anda mencuci muka.



3
Gunakan pasta gigi. Pasta gigi mengandung silika, yang merupakan zat pengering yang biasanya digunakan pada beberapa hal, dan salah satunya adalah dendeng sapi. Pada dasarnya, pasta gigi akan mengeringkan jerawat dalam satu malam, sehingga ukurannya akan mengecil.
Pastikan bahwa Anda menggunakan pasta gigi natural dalam jumlah sedikit pada kulit. Beberapa pasta gigi mengandung sodium lauryl sulfate yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Berhati-hatilah ketika mengoleskannya. Biarkan pasta gigi semalaman. (WASPADA!!!: persiapkan diri karena kulit mungkin akan terasa panas)



4
Cobalah garam laut. Campurkan satu sendok teh garam laut dengan dua sendok makan air hangat. Gunakan kapas pembersih telinga untuk mengoleskan air garam langsung pada jerawat. Jangan membilasnya. Garam laut akan membunuh bakteri dan mengeringkan jerawat.



5
Cobalah tea tree oil. Tea tree oil adalah minyak esensial antibakteri yang dapat membasmi mikrob yang mulai bersarang di dalam pori-pori Anda. Dengan alat tetes, basahkan kapas pembersih telinga dengan sedikit tea tree oil, lalu oleskan pada jerawat sesuai kebutuhan, dan pastikan bahwa Anda tidak mengoleskan terlalu banyak.
Tea tree oil memiliki zat anti [2] yang dapat mengurangi kemerahan dan ukuran jerawat, sehingga tidak jelas terlihat.



6
Hancurkan tablet aspirin. Hancurkan tablet aspirin, lalu tambahkan air secukupnya hingga bubuk aspirin membentuk pasta. Dengan kapas pembersih telinga, oleskan pasta aspirin pada jerawat hingga membentuk lapisan tipis. Pastikan bahwa jerawat benar-benar ditutupi oleh pasta aspirin, lalu biarkan hingga kering. Aspirin juga mengandung zat yang berfungsi untuk mencegah radang pada kulit, sehingga jerawat menjadi tidak menonjol. Biarkan pasta aspirin bekerja melawan jerawat selama satu malam.



7
Gunakan astringen pada wilayah yang berjerawat. Astringen adalah zat yang menyebabkan kontraksi pada kulit, atau dengan kata lain mengecil. Beberapa astringen dari apotek mengandung bahan antimikrob yang selain mengurangi ukuran jerawat, juga bermanfaat untuk membasminya. Berikut beberapa astringen yang dapat Anda gunakan:
  • Astringen yang dijual di toko. Ada banyak jenis dan ukuran astringen yang dijual. Temukan astringen yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Katakan bahwa Anda memerlukan astringen yang baik untuk kulit.
  • Astringen alami juga dapat digunakan dalam keadaan darurat. Beberapa di antaranya adalah:
    • Sari lemon. Asam sitrat yang dikandung oleh sari lemon akan membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengencangkan kulit. Banyak orang percaya pada khasiatnya. Iris lemon, lalu usapkan pada wilayah yang berjerawat. Setelah itu, gunakan toner untuk menyeimbangkan PH pada kulit. Lemon bersifat sangat asam dan dapat mengacaukan keseimbangan PH kulit, oleh karena itu Anda memerlukan toner.
    • Kulit pisang. Kulit pisang bermanfaat dalam mengobati gigitan serangga dan nyamuk, dan mungkin bermanfaat dalam mengurangi ukuran jerawat. Cukup usapkan kulit pisang pada wilayah yang berjerawat.
    • Witch hazel. Salah satu jenis astringen lain yang juga bagus dan banyak digunakan. Carilah witch hazel yang tidak mengandung alkohol. Oleskan sedikit witch hazel pada wilayah yang berjerawat, lalu biarkan hingga kering.
    • Teh hijau. Teh hijau adalah astringen yang mengandung banyak antioksidan, yakni zat yang bermanfaat dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melawan radikal bebas. Celupkan kantong teh hijau ke dalam air panas, lalu keluarkan kantong, kemudian letakkan pada bagian yang berjerawat untuk sesaat.

8
Gunakan minyak telur. Minyak telur efektif untuk menghilangkan jerawat dan mencegah terbentuknya bekas luka.
Cuci tangan dengan sabun atau gunakan zat sanitasi sebelum menggunakan minyak telur.
Gunakan jari-jari Anda yang telah dilapisi dengan minyak telur untuk memijat bagian yang berjerawat secara lembut, dan lakukan sebanyak dua kali dalam satu hari hingga luka hilang.
Bilas wajah menggunakan cairan pencuci jenis mild setelah satu jam.

Bagian 2 dari 3: Mengurangi Kemerahan




1
Tempelkan es pada wilayah yang berjerawat. Pembengkakan pada jerawat seharusnya dapat dikurangi dengan cara ini karena aliran darah pada wilayah yang ditempel dengan es batu akan melambat. Anda dapat menempelkan es batu pada jerawat secara langsung, atau Anda dapat melapisinya menggunakan kain kasa atau handuk tipis.



2
Gunakan obat tetes mata pada wilayah yang berjerawat. Obat tetes mata, salah satunya yang berfungsi untuk mengurangi kemerahan pada mata, dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada jerawat. Gunakan obat tetes pada kapas pembersih telinga, lalu oleskan secukupnya pada jerawat.
  • Karena suhu dingin juga dapat mengurangi radang pada jerawat, simpan kapas pembersih yang telah dibasahi dengan obat tetes ke dalam lemari pembeku sebelum Anda mengoleskannya. Kapas yang dingin dapat mengurangi radang, sehingga kemerahan pada bagian yang berjerawat akan menjadi lebih ringan.


3
Cobalah untuk menggunakan antihistamin natural. Antihistamin menekan efek pembengkakan di dalam jaringan kulit manusia. Kebanyakan antihistamin dapat dikonsumsi dalam bentuk pil, tetapi beberapa jenis antihistamin lainnya dikonsumsi dalam bentuk teh atau dioleskan langsung. Antihistamin dapat mengurangi kemerahan pada jerawat. Berikut beberapa jenis herba yang termasuk antihistamin natural:
  • Jelatang. Mungkin ini terdengar aneh karena menyentuh jelatang di alam liar dapat menyebabkan ruam yang tidak berbeda jauh dengan jerawat. Akan tetapi, beberapa dokter menyarankan agar jelatang digunakan setelah dikeringkan dan dibekukan terlebih dahulu, dan jelatang yang telah diproses seperti itu diketahui dapat mengurangi jumlah histamin yang diproduksi oleh tubuh.
  • Coltsfoot mungkin bekerja efektif sebagai antihistamin natural. Orang Eropa sudah lama menggunakan tanaman tersebut untuk menyembuhkan masalah pada kulit. Daun coltsfoot dapat dihaluskan menjadi pasta, atau coltsfoot juga dapat digunakan dalam bentuk ekstrak, sehingga dapat dikonsumsi dalam bentuk pil.
  • Kemangi juga mungkin bermanfaat sebagai antihistamin natural. Panaskan beberapa tangkai daun kemangi dengan uap, kemudian tempelkan secara perlahan pada jerawat. Kemangi dapat membantu untuk memberi tahu tubuh bahwa zat yang menyebabkan jerawat bukanlah hal yang harus dilawan.

Bagian 3 dari 3: Kiat-Kiat Umum


1
Bersihkan wajah dua kali sehari.Cobalah untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari. Ingatlah bahwa Anda harus menyentuh wajah dengan lembut, dan pastikan bahwa Anda tidak menggunakan handuk ataupun hal-hal lain yang kotor ketika membersihkan wajah: jerawat disebabkan oleh bakteri, dan bakteri terdapat pada handuk kotor.
  • Gunakan scrub wajah sekali dalam seminggu agar kulit terkelupas. Mengelupaskan kulit berarti membersihkan lapisan kulit paling luar yang telah mati, yaitu yang disebut sebagai epidermis. Melakukannya satu kali dalam seminggu adalah kebiasaan yang sehat.
  • Lembapkan kulit setiap kali wajah selesai dibersihkan. Kulit adalah organ tubuh juga. Seperti ginjal, kulit perlu dilembapkan agar sehat. Gunakan pelembap sesuai kebutuhan setiap Anda membersihkan wajah.


2
Jangan menyentuh wajah. Cobalah untuk tidak menyentuh wajah Anda — baik secara sadar ataupun tidak. Tangan Anda kotor, dan merupakan bagian penyalur bakteri. Semakin jarang tangan menyentuh wajah, semakin nyaman wajah akan terasa dan terlihat.



3
Berolahragalah. Olahraga adalah cara yang baik untuk menghilangkan jerawat. Ketika Anda berolahraga, stres akan dilepaskan. Stres adalah penyebab jerawat, meskipun dokter masih tidak memahami pengaruhnya.[3]
  • Temukan cara yang sehat untuk melepaskan rasa stres dan cemas dengan berolahraga. Bergabunglah ke dalam tim olahraga, mulailah melatih tubuh di gym, atau paksa diri untuk melalui batas rutin dalam berlatih. Semua langkah-langkah tersebut dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.
  • Pastikan bahwa Anda langsung mandi setelah selesai berolahraga. Anda berkeringat ketika berolahraga. (Setidaknya jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan berkeringat). Kotoran, garam, dan sel kulit mati akan menumpuk setelah Anda berolahraga dengan berat.



4
Jangan meminum alkohol. Alkohol dapat memperparah efek jerawat. Meminum alkohol dapat memperparah jerawat. Alkohol menghilangkan cairan tubuh, sehingga tubuh akan berada pada kondisi kekurangan kandungan air inti yang diperlukan. Alkohol juga mengandung banyak gula, sehingga mungkin berhubungan dengan pertumbuhan jerawat. Bagaimanapun, jika Anda ingin tetap aman dari jerawat, kurangi konsumsi alkohol, lalu perhatikan reaksi tubuh Anda. Cukup minum banyak air putih.



5
Jangan memencet jerawat. Jangan memecahkan, memencet, menusuk, menggosok, menggaruk, atau menyentuh jerawat dengan cara apa pun, kecuali saat Anda mengoleskan obat. Menyentuh jerawat secara langsung akan memperparah kemerahan dan radang. Memang mudah untuk mengatakannya, tetapi sulit untuk melakukannya. Jika Anda tidak memencet jerawat, Anda dapat meminimalkan bekas luka yang dihasilkan dan dapat menghilangkan jerawat dengan jauh lebih cepat.

TIPS


  • Pastikan bahwa Anda mengeringkan wajah dengan menepuknya karena gosokan hanya akan membuatnya semakin merah.
  • Jangan menyentuh jerawat. Tangan sangatlah berminyak, dan juga mengandung banyak kuman. Menyentuh jerawat dapat menyebabkan infeksi.
  • Minumlah banyak air putih secara rutin.
  • Bersihkan wajah sebanyak dua kali dalam satu hari.
  • Berhati-hatilah ketika menggunakan pasta gigi. Pasta gigi dapat mengeringkan kulit, jadi pastikan bahwa Anda melembapkannya setelah itu.
  • Abaikan orang yang mengatakan bahwa gula dan cokelat adalah penyebab jerawat - hal itu tidaklah benar. Pada umumnya, pola makan yang tidak baik dapat menyebabkan jerawat, termasuk makanan yang sensitif bagi tubuh Anda. Beberapa orang tidak apa-apa setelah mengonsumsi cokelat, tetapi malah berjerawat setelah mengonsumsi keju! Hal yang penting adalah pastikan bahwa Anda menjalani pola makan yang sehat dan seimbang, dan pastikan bahwa Anda mengingat makanan apa saja yang menyebabkan jerawat.
  • Menempelkan es batu pada wilayah yang berjerawat dapat mengurangi kemerahan untuk sementara.
  • JANGAN PERNAH langsung mandi setelah berolahraga karena itu tidak baik bagi kulit dan juga akan menyumbat pori-pori, jadi tunggulah selama 30 menit sebelum mandi.
  • Oleskan cuka sari apel selama satu malam. Baunya memang tidak enak, tetapi mungkin akan bermanfaat.
  • Berhati-hatilah ketika menggunakan pasta gigi. Jangan mengoleskannya di dekat mata - jangan sampai pasta gigi masuk ke mata.
  • Campurkan soda kue dengan pasta gigi. Campuran tersebut dapat mengurangi iritasi pada kulit dan membebaskannya dari jerawat. Oleskan campuran pada wajah, lalu biarkan selama semalam.
  • Berkeringat dapat mengembalikan kondisi pori-pori yang tersumbat, tetapi membiarkan tubuh dalam kondisi berkeringat terlalu lama juga dapat menyumbat pori-pori, jadi pastikan bahwa Anda mandi setelah berolahraga. Akan tetapi, mandi tepat setelah berolahraga tidaklah baik bagi tubuh karena perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba, yang dapat menyebabkan banyak masalah pada tubuh.
  • Gunakan pasta gigi tanpa kandungan mint jika bisa, sehingga rasa panas dapat dikurangi.
  • Gunakan scrub khusus pengelupas kulit sekali setiap dua hari.
  • Produk seperti gel lidah buaya dan sabun berbahan arang dapat membersihkan wilayah yang berjerawat dan mengurangi kandungan minyak. Mengoleskan produk-produk tersebut secara berulang juga dapat mencegah bintik dan jerawat.
  • Gel lidah buaya luar biasa, dan menggunakannya bersama soda kue pada jerawat benar-benar akan membantu.
  • Sari lemon bekerja lebih baik daripada pasta gigi, tetapi akan menyebabkan iritasi yang lebih parah pada kulit sensitif.
  • Gunakan lidah buaya: Potong satu helai daun lidah buaya. Keluarkan semua zat yang terdapat di dalamnya, lalu sebarkan pada kulit Anda pada pagi dan malam hari. Simpan sisa lidah buaya di dalam kulkas.
  • Gunakan sikat gigi bersih dan zat pembersih kulit agar jerawat dapat ditangani dengan lebih efektif, tetapi jangan menggosoknya dengan terlalu kuat atau Anda hanya akan memperparah jerawat.
  • Keringat juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

0 Response to "Cara menghilangkan jerawat dalam waktu semalam"

Posting Komentar

wdcfawqafwef